1. Perkembangan
Kurikulum Matematika Sekolah di Indonesia
Ilmu matematika begitu penting dalam
kehidupan maka tidak aneh jika pembelajaran matematika mengalami perkembangan
dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Berikut adalah perkembangan kurikulum
matematika dari zaman ke zaman.
1.
Matematika
tradisional (Ilmu Pasti).
2.
Pembelajaran
Matematika Modern
3.
Kurikulum
Matematika 1984
4.
Kurikulum
Tahun 1994
5.
Kurikulum tahun 2004
6.
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
KTSP adalah kurikulum operasional
yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP
terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan
kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Standar nasional pendidikan terdiri
atas: standar isi (SI), standar proses, standar kompetensi lulusan (SKL),
standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan,
standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari standar nasional
pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan KTSP
(BSNP, 2006:1).
Pengembangan KTSP harus
memperhatikan pilar-pilar pendidikan yang berkembang di abad ini:
1) Belajar untuk beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2)
Belajar
untuk memahami dan menghayati,
3)
Belajar
untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
4)
Belajar
untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
5) Belajar
untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan (BSNP, 2006: 2)