1Tujuan
Pembelajaran Matematika Sekolah
Berdasarkan PERMENDIKNAS No. 22 Tahun 2006, Mata pelajaran matematika bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan berikut:
1.
Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep
atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan
masalah.
Contoh
ilustrasi hasil belajar lingkup pemahaman konsep sebagai berikut.
Ketika
siswa belajar KD 2.3 Kelas VII Semester 1 yaitu ‘Menyelesaikan persamaan linear
satu variabel’, maka ia harus terampil menyelesaikan persamaan linear satu
variable (PLSV). Agar memiliki kemampuan seperti itu maka siswa harus paham
konsep PLSV dan algoritma menyelesaikan PLSV atau memahami prinsip (dalil)
kesetaraan. Bila itu terwujud maka ia dikatakan mampu menyelesaikan PLSV.
Kemampuan itu lingkupnya adalah pemahaman konsep.
2.
Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
Contoh
hasil penalaran:
a. Jika
besar dua sudut dalam segitiga 60° dan 100° maka besar sudut yang ketiga adalah
20°.
b. Jika
(x − 1)(x + 10) = 0 maka x = 1 atau x = −10
c. Sekarang
Ani berumur 15 tahun. Umur Dina 2 tahun lebih tua dari Ani. Jadi, sekarang umur
Dina 17 tahun.
3.
Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
Contoh
soal pemecahan masalah
· Tentukan
dua bilangan yang belum diketahui pada pola bilangan berikut ini.
1. 1, 8, 27, 64, ..., ...
2. 9, 61, 52, 63, ..., ...
4.
Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah
Contoh:
Notasi
30 × 3 antara lain menyatakan:
· Luas
permukaan kolam dengan ukuran panjang 30 meter dan lebar 3 meter.
· Banyak
roda pada 30 becak/bemo.
· Banyaknya
pensil dalam 30 kotak yang masing-masing kotak berisi 3 pensil.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah.