Pembelajaran matematika dengan menggunakan winplot

a. Pengertian
winplot2 Winplot adalah suatu program yang dapat digunakan untuk menggambar grafik dan mengeksplorasi sifat-sifat grafik fungsi (Fungsi Kuadrat Fungsi Trigonometri, Persamaan Lingkaran, Fungsi invers, Limit Fungsi, Diferensial, Integral, Program Linear, Transformasi, Fungsi Eksponen dan Logaritma).
b. Tujuan pembelajaran menggunakan winplot
  • Untuk mengembangkan konsep melalui pemahaman siswa tentang hubungan simbol, grafis dan numeris
  • Untuk mengembangkan konsep melalui pemahaman siswa tentang hubungan simbol, grafis dan numeris. Sebagai contoh identitas fungsi alajabar trigonometri dapat diilustrasikan dengan mengimpitkan grafik yang satu pada yang lain. Ilustrasi ini dapat membantu menguatkan pembuktian secara analitis. Program grafik juga dapat membantu guru maupun siswa untuk bekerja secara cepat untuk mempelajari contoh dan contoh penyangkal untuk mengembangkan pemahaman hubungan antara simbol, grafik, dan numeris. Pemahaman ini merupakan aspek yang penting dalam pemahaman metematis
  • Untuk menguatkan konsep. Guru terlebih dulu mengawali penjelasan tanpa meggunakan komputer. Setelah mereka memperoleh gagasan dari konsep, mereka dapat bekerja dengan program gradik untuk mengeksplorasi contoh selanjutnya tanpa hambatan kekurangterampilan dasar aritmatika, perhitungan yang membosankan, atau kesalahan dalam menggambar secara manual.
  • Untuk memperbaiki kesalahan yang sering terjadi. Siswa sering menyamakan bentuk aljabar yang nampak serupa, sebagai contoh (x + 1)2 = x2 + 1 dan sin 2x = 2 sin x. Dengan menggambar grafik yang sesuai, siswa ini dapat melihat secara visual bagaimana bentuk alajaba tersebut berbeda. Guru dapat menggunakan hal ini sebagai suatu aktivitas remidial tambahan untuk membantu siswa memperbaiki kesalahan dan mis konsepsinya. Pendekatan grafis ini harus dikuatkan dengan penjelasan analitis.
  • Untuk memeriksa penyelesaian secara grafis dan analitis. Siswa dapat menggunakan program grafis untuk memeriksa jawabannya pada masalah grafis dan nongrafis. Hal ini mengembangkan kebiasaan yang sangat diperlukan dalam hal memeriksa sendiri jawaban dalam pemecahan masalah
  • Untuk menyelesaikan persamaan secara grafis. Dalam dunia nyata ada banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan secara analitis. Dalam kasus ini, metode pendekatan seperti grafik adalah hanya suatu kemungkinan untuk menyelesaikan masalah. Program grafis adalah suatu alat yang efisien untuk mencari pendekatan penyelesaian. Siswa seharusnya berani menggunakan teknologi grafik ini sehingga mereka akan mengapresiasi bahwa beberapa masalah matematis tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus tertentu karena memang tidak ada.
  • Untuk mencari jawaban atas dugaan pada suatu masalah. Berilah siswa kesempatan untuk menemukan pola untuk mengeksplorasi sifat-sifat matematis dan untuk memeriksa dugaan melalui pengajuan masalah “apa yang terjadi jika” pada dirinya sendiri. Hal ini adalah proses yang penting dari proses berpikir matematis. Ketika suatu program grafis digunakan untuk tujuan ini siswa tidak dihambat oleh kekurangannya dalam perhitungan atau kemampuannya menggambar secara manual. Bagaimanapun tipe pembelajaran dengan penemuan akan lebih baik dibawah panduan guru.
  • Menjadi metakognitif. Siswa seharusnya belajar untuk memeriksa jawabannya sendiri dengan menggunakan hasil dalam layar dan bertanggung jawab untuk pembelajarannya. Diskusi kelompok dapat diadakan untuk meningkatkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktifis dan reflektif.
  • Untuk memperoleh keterampilan teknologi informasi. Hal ini diperoleh dalam suatu cara yang tidak langsung melalui pembelajaran bagaimana menggunakan program yang sangat kuat.
  • Untuk meningkatkan motivasi belajar. Siswa secara umum termotivasi untuk belajar dengan menggunakan komputer. Pogram grafik dapat menambah minat untuk belajar matematika karena mudah dan menyenangkan.
c. Fasilitas-fasilitas program winplot
  • Digunakan pada bermcam-macam fungsi matematis seperti sin x, ex, dan lain-lain.
  • Dapat memperlihatkan beberapa grafik dalam sumbu yang sama.
  • Memvariasikan macam-macam warna, gaya dan ketebalan, dari grafik fungsi.
  • Memberi label pada grafik, sumbu, dan titik.
  • Menyisipkan teks pada grafik.
  • Mengatur kembali skala sumbu koordinat dengan mudah, termasuk memperbesar dan memperkecil.
  • Memberi tanda pada titik-titik tertentu yang perlu diperhatikan seperti titik maksimum atau titik potong.
  • Membuat animasi pada grafik.
  • Menggambar hasil operasi dua buah fungsi
  • menggambar transformasi (rotasi, refleksi) suatu grafik
  • menggambar luasan hasil perputaran grafik
  • mengarsir daerah dengan batas-batas kurva tertentu