Menyusun tutorial instalasi matlab versi 2010

Saat ini program MATLAB (Mathematical Laboratory) merupakan suatu software yang sudah tidak asing lagi terutama dikalang mahasiswa dan programer. Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana caranya menginstal MATLAB, maka saat ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tutorial cara instalasi Matlab versi 2010.
Sebelum kita memulai untuk instalasi matlab 2010 pertama yang harus kita siapkan adalah Komputer atau Laptop yang akan di install, koneksi internet, dan file instalasi Matlab versi 2010. Saat akan menginstall matlab, diperlukan serial number, dan diakhiri dengan aktivasi setelah Matlab berhasil diinstall. Berikut langkah-langkah untuk instal matlab versi 2010:

  1. File setup 
  2. Instal without using the internet.
  3. Lalu klik “Next>”, bacalah license agreement sebelum mengklik tomblo radio “Accept/yes”. Matlab termasuk software mahal, akan tetapi untuk pendidikan memiliki harga khusus yang jauh lebih murah. 
  4. Berikutnya pada jendela File Installation key, pilih “I have the File Installation Key for my license ” jika sudah memiliki, dan masukan angkanya 
  5. Klik “Next>” maka jendela berikutnya adalah pilihan instalasi. Pilih Typical saja dan biarkan default lokasi program di C:\ kecuali jika Anda ingin memindahkan letak folder instalasinya.
  6. Setelah mengklik “Yes” maka Matlab akan membuatkan folder di C:\Program Files\MATLAB\R2010a\. Terakhir, sebelum proses instalasi, Matlab akan menampilkan fitur-fitur apa saja yang akan dipasang, pilih “Install” dan tunggu beberapa saat (30-60 menit tergantung kecepatan prosesor Anda) sampai proses instalasi selesai.
ketika proses instalasi selesai, maka kita diminta memilih menggunakan langsung Matlab yang baru diinstall itu, ataukah melakukan proses aktivasi. Jika kita telah memiliki file Aktivasi, maka tinggal mengarahkan (Browse) ke file aktivasi pada komputer. Untuk server, gunakan lic_server dan untuk standalone gunakan lic_standalone.
Jika Icon Matlab tidak muncul di Desktop, tidak berarti Anda gagal menginstall Matlab, coba cari dengan explore di lokasi: C:\Program Files\MATLAB\R2010a\bin. Anda akan menjumpai Matlab.exe, buat short cut ke dekstop dengan cara klik kanan_Send to_Desktop (Create Shortcut).
Selamat mencoba semoga Berhasil untuk instal Matlabnya.