Perkembangan Kurikulum Matematika Sekolah di Indonesia


1.     Perkembangan Kurikulum Matematika Sekolah di Indonesia
Ilmu matematika begitu penting dalam kehidupan maka tidak aneh jika pembelajaran matematika mengalami perkembangan dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Berikut adalah perkembangan kurikulum matematika dari zaman ke zaman.
1.     Matematika tradisional (Ilmu Pasti).
2.     Pembelajaran Matematika Modern
3.     Kurikulum Matematika 1984
4.     Kurikulum Tahun 1994
5.     Kurikulum tahun 2004
6.     Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi (SI), standar proses, standar kompetensi lulusan (SKL), standar tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan KTSP (BSNP, 2006:1).
Pengembangan KTSP harus memperhatikan pilar-pilar pendidikan yang berkembang di abad ini:
1)     Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2)     Belajar untuk memahami dan menghayati,
3)     Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
4)     Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
5)  Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (BSNP, 2006: 2)