“ PANGKAT TIGA JUMLAH 2 VARIABEL ”


1.1         Latar Belakang
Mengajar dapat diartikan sebagai upaya untuk menciptakan suatu sistem lingkungan belajar supaya proses belajar dapat berlangsung. Sebagai bagian dari masukan instrumental dalam proses pembelajaran, sarana pendidikan dalam hal ini alat peraga mempunyai peranan yang sangat penting, bahkan dalam hal-hal tertentu akan menentukan keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri. Maka manfaat alat peraga dalam keseluruhan system lingkungan belajar harus mendapatkan perhatian para pendidik/pengajar secara baik.

Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar di sekolah haruslah diciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, dinamis namun terarah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk tujuan tersebut diperlukan strategi metode serta media yang tepat sehingga menunjang keefektifan proses pembelajaran. Matematika adalah salah satu ilmu dasar (Basic Science) yang cukup berkembang pesat saat ini. Baik menyangkut materi sebagai penunjang ilmuilmu yang lain maupun kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penguasaan matematika secara baik sejak dini perlu ditanamkan sehingga konsep-konsep dasar matematika dapat diterapkan dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan umum diberikannya matematika di sekolah adalah :
a.       Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif.
b.      Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pijir matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, tujuan umum pendidikan matematika pada semua jenjang pendidikan tersebut memberikan tekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap siswa serta memberi tekanan pada ketrampilan dalam penerapan matematika kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting, ini dapat dilihat pada struktur dan alokasi waktu yang disediakan dalam kurikulum yang disediakan saat ini, disamping beberapa mata pelajaran yang lainnya. Namun demikian tingkat penguasaan materi pelajaran matematika rata-rata masih rendah, hal ini terlihat dengan rendahnya nilai matematika pada waktu ujian akhir. Oleh sebab itu penulis merasa perlu mangkaji efektifitas penggunaan alat peraga “ Pangkat Tiga Jumlah 2 Variabel “.

1.2         Rumusan Masalah
Selama ini pembelajaran Matematika hanyalah teori-teori, ceramah dan penugasan saja yang diberikan kepada siswa sehingga membuat siswa cepat bosan, dan menakutkan. Selama ini sebagian besar siswa beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan merupakan pelajaran yang menakutkan seakan-akan merupakan momok bagi anak-anak. Untuk mempermudah bahasan maka dapat disederhanakan menjadi :

a.       Bagaimana mengenalkan alat peraga pangkat tiga jumlah 2 variabel pada siswa?
b.      Bagaimana keefektifan penggunaan alat peraga pangkat tiga jumlah 2 variabel pada proses pembelajaran matematika di sekolah?
c.       Bagaimana menunjukkan identitas aljabar (a + b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3 secara geometris sebagai langkah menuju abstraksi konsep aljabar.

1.3         Tujuan
a.       Untuk mengenalkan alat peraga pangkat tiga jumlah 2 variabel pada siswa.
b.      Untuk mengetahui keefektifan penggunaan alat peraga pangkat tiga jumlah 2 variabel pada proses pembelajaran matematika di sekolah.
c.       Untuk menunjukkan identitas aljabar (a + b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3 secara geometris sebagai langkah menuju abstraksi konsep aljabar.